Definisi Iklan
Iklan adalah setiap bentuk komunikasi yang dimaksudkan untuk memotivasi seseorang pembeli potensial dan mempromosikan penjual suatu produk atau jasa, untuk mempengaruhi pendapat publik, memenangkan dukungan publik untuk berpikir atau bertindak sesuai dengan keinginan si pemasang iklan.
Sedangkan menurut Paul Copley, advertising is by and large seen as an art – the art of persuasion – and can be defined as any paid for communication designed to inform and/ or persuade. Dimana iklan adalah sebuah seni dari persuasi dan dapat didefinisikan sebagai desain komunikasi yang dibiayai untuk meninformasikan dan atau membujuk.
Dari beberapa pengertian diatas, pada dasarnya iklan merupakan sarana komunikasi yang digunakan komunikator dalam hal ini perusahaan atau produsen untuk menyampaikan informasi tentang barang atau jasa kepada publik, khususnya pelanggannya melalui suatu media massa. Selain itu, semua iklan dibuat dengan tujuan yang sama yaitu untuk memberi informasi dan membujuk para konsumen untuk mencoba atau mengikuti apa yang ada di iklan tersebut, dapat berupa aktivitas mengkonsumsi produk dan jasa yang ditawarkan.
Langkah-langkah membuat Iklan yaitu:
1. Bahasa iklan.
· mempunyai daya tarik, sopan dan logis.
· Ungkapan atau majas digunakan sebagai pemikat
· Bahasa yang disusun secara singkat dalam menonjolkan bagaimana yang diperintahkan
2. Isi
· Bersifat objektif, singkat dan jelas
· Disusun tidak menyinggung produsen atau golongan yang lain.
· Menarik perhatian orang atau konsumen
3. langkah menyusun iklan:
· Mempelajari apa yang di iklankan dan mengetahui produk pesaingnya.
· Mempelajari tujuan produk yang akan diiklankan.
· Melakukan kegiatan pengumpulan ide-ide.
· Memilih ide yang paling terbaik.
· Pemberin sound efeck.
Ciri ciri iklan yang baik harus memiliki kriteria di bawah ini :
1. Mempunyai sasaran yang jelas,dengan menentukan target konsumen ada target utama dan target kedua,ini juga untuk menentukan media pasang iklan dan penetapan target konsumen tergantung pada kualitas,harga,distribusi(jangkauan pemasaran)
2. Mempunyai fokus atas hal yang ingin di komunikasikan dariproduk dan jasa yang di iklankan
3. Mempunyai daya tarik tertentu hingga konsumen yang di sasarnya bisa berhenti untuk memperhatikan isi iklan,selain kata kata menarik,daya tarik iklan muncul dari desain layout yang menarik.
4. Sajikan iklan dengan menarik karena suatu iklan dengan isi pesan bagus jika tidak di sajikan bagus tak akan menarik.
5. Komunikasi iklan memiliki empat unsur utama yaitu :
a.Pengirim iklan adalah produsen atau dalam bisnis periklanan di wakili biro iklan
b.Isi iklan dalam iklan ada headline kalimat singkat tidak lebih dari 10 kata dan di harapkan konsumen langsung dapat banyak informasi mengenai produk dan jasa body copy adalah informasi tambahan bila konsumen tertarik.
c.Media komunikasi tempat iklan di sajikan baik di media cetak,media elektronik atau media lainnya antara lain media internet yang penetrasinya di indonesia masih kurang,billboard dll.
d.Penerima iklan konsumen yang di sasar produk barang atau jasa kita
6.Pilihlah slogan dengan kata kata padat dan berisi yang merupakan gambaran terhadap headline di mana konsumen dapat membaca lebih detail.
Contoh:
Iklan Kartu Simpati
Kartu simpati harga Rp 10 ribu, sampai Rp 100 ribu. Pakai kartu simpati nelpon dan sms sampai puas, jaringan luas berkualitas. Simpati jagoan nelpon,gratis setiap hari 300 menit plus 300 sms. Bonus akses internet sampai 10 MB, gratis chating paket mingguan, bonus puluhan content dan bonus isi ulang sampai lima kali. Dapatkan bonus maksimal di *999# dan bonus bisa dicek di *889#.
nice info nh..
BalasHapushttp://www.bitebrands.co/2014/11/ciri-ciri-iklan-yang-baik-dan-efektif.html
Ok
Hapusmaaf kalau boleh saya mintak daftar rujukanya
BalasHapus